index
Marketing Online

Materi FB Personal 3 (Tentukan Calon Pembelimu dengan Add Friend Tertarget)

Tentukan Calon Pembelimu dengan Add Friend Tertarget

Bayangkan bahwa fungsi dari Facebook adalah tokomu. Jadi fungsi facebook adalah untuk menjaring traffic source, sama halnya dengan fanpage dan instagram. Kalau di dunia offline, facebook personal itu serupa lapak jualan atau toko kita. Orang datang untuk melihat terlebih dahulu. Sering kan kita, ketika bermain ke mall ada mba-mba atau mas-mas yang memanggil kita yang lewat di depan tokonya dengan sapaan ramah, “Boleh mba silahkan, liat-liat dulu aja.”

Ketika dipanggil seperti itu, apa alasan kita mau masuk ke toko tersebut?

Ada dua hal yang membuat kita memutuskan untuk masuk ke toko tersebut. Pertama adalah produk yang kita sukai dan kedua adalah keramahan penjualnya. Nah, sama halnya dengan facebook personal kita. Jika kita ingin berjualan di facebook personal kita, maka mula-mula yang perlu kita lakukan adalah membuat display toko kita agar terlihat menarik. Dan yang kedua adalah menarik perhatian traffic sebanyak-banyaknya di facebook.

Bagaimana Caranya?

Ada dua cara mudah yang bisa kita gunakan secara organik (bukan iklan). Pertama adalah dengan memanfaatkan ratusan bahkan ribuan friendlist yang kita miliki. Kedua adalah dengan melakukan Add friend tertarget. Yuk, kita bahas dulu satu per satu.

Manfaatkan Friend List Tak Aktif yang Kita Miliki

Ada ratusan bahkan ribuan pertemanan di friend list kita. Pertanyaannya adalah, apakah semua teman itu aktif berinteraksi dengan kita? Tentu jawabannya adalah tidak. Dan pasti yang seringkali muncul di timeline kita adalah orang-orang yang dekat dengan kita. Entah itu teman kantor atau keluarga-keluarga dekat kita saja.

Lalu, bagaimana kabar ratusan bahkan ribuan teman lainnya? Tentu saja tidak pernah kita ketahui bukan? Begitupun sebaliknya dengan mereka, mereka pasti tidak akan tahu bagaimana kabar kita sekarang. Mereka pasti tidak tahu bahwa kita sekarang sudah menjadi seorang pebisnis.

Lalu bagaimana cara orang tersebut bisa muncul lagi dalam hidup kita? 😀 Caranya adalah dengan kita yang lebih dulu muncul. Kita panggil agar dia mau menoleh bahwa kita ada. Eaaaa

Untuk aktif lagi berinterasi dengan teman yang sudah tidak tahu bagaimana kabarnya lagi, kita memang perlu sedikit effort untuk membuka account facebook mereka, lalu kita like atau comment di status mereka.

Mungkin untuk sedikit menghemat tenaga, kita bisa memfilter berdasarkan beberapa hal ini:

  1. Karena tujuan kita adalah untuk berjualan. Maka, dari sekian ribu orang tersebut cari mana orang yang memiliki potensi membeli produk kita.
  2. Mungkin akan sedikit saya ingatkan kembali pada materi join grup tertarget tentang hal ini. Yaitu tentang Siapa sih target jualan kita? Karena afrakids menjual produk untuk anak muslim, maka target kita adalah orang muslim. Namun dalam transaksi jual beli ini, yang memiliki uang adalah orang tua bukan anaknya, maka terget kita adalah orang tua. Karena yang biasa belanja adalah perempuan, maka target kita yang lebih spesifiknya adalah ibu-ibu. Dan saat kita berjualan di sosial media, maka yang dapat mengakses adalah ibu-ibu yang hi tech minimal dia memiliki facebook. Jadi bisa kita simpulkan bahwa ibu-ibu yang punya facebook dan berminat dengan produk afrakids adalah mamah-mamah muda yang berusia 25-35 tahun.
  3. Jadi, targetlah teman-teman kita yang sudah menjadi orang tua, utamakan perempuan, usia 25-35 tahun. Pun dia sudah tua, kalau dia sudah berteman dengan kita di facebook, itu artinya dia orang tua yang kekinian. Dan bisa saja dia mau membelikan kaos untuk cucunya. Pokoknya temen-temen sendiri yang lebih mengerti siapa yang potensial untuk kita perlihatkan dagangan kita di timeline facebooknya.

Baik, sudah paham kan ya tentang bagaimana cara menarget orang-orang yang mau kita follow up. Sekarang saya akan jelaskan tentang cara mudah bagaimana orang mau ngeh terhadap keberadaan kita. Kalau dibahasa facebook ada yang disebut edge rank. Bagaimana egde rank kita bisa meningkat di mata orang-orang tersebut. Caranya adalah dengan kita memulainya terlebih dahulu. Yaitu:

  1. Masuk ke account facebook orang yang kita targetkan
  2. Lihat statusnya
  3. Lalu kita like 5 teratas status dia.
  4. Kalau dirasa ada yang bisa kita comment, coba comment juga di status facebooknya agar terjadi interaksi di sana.
  5. Nah, jika sudah begitu. Itu artinya kita sudah melakukan sebuah ikhtiar mencari perhatian calon pelanggan kita. Nanti kita tunggu saja orang tersebut akan penasaran dengan kita dan akan melihat timeline kita.
  6. Ketika masuk notifikasi dari orang asing yang like atau comment status facebook kita, kita pasti akan penasan. “Siapa sih dia?” Nah di sinilah saatnya dia akan “kepo” pada account kita.
  7. Jika dia sudah kepo, maka ada baiknya kita sudah mempersiapkan sebuah suguhan menarik bagi matanya. Buat copywriting dan foto-foto yang bagus untuk menarik perhatiannya. Jangan lupakan call to action dengan mencantumkan BBM/WA atau website. Jadi ketika dia masuk, dan tertarik dia akan langsung menghubungi kita.
  8. Tapi ingat satu hal bahwa, facebook itu serupa toko kita. Yang ketika ada orang datang dia “boleh lihat-lihat dulu kakak.” 😀 Meski pada akhirnya dia tidak membeli saat itu juga tidak apa-apa, karena bisa jadi suatu saat dia akan membeli jika hubungan dengannya terus terjalin.

Add Friend Orang yang Berminat Pada Produk Kita

Selain memanfaatkan friendlist yang ada, kita juga bisa melakukan add friend tertarget. Apa itu Add friend tertarget? Bagaimana cara mudah menarget teman di facebook?

Add friend tertarget adalah kita meminta seseorang untuk mejadi teman kita. Namun sebelum itu kita harus memiliki kriteria terlebih dahulu siapa yang akan kita jadikan teman.

Untuk agen afrakids sendiri, ada 3 cara mudah mencari teman untuk kita jadikan teman. Diantaranya:

  1. Cari friend dari fanpage Afrakids Pusat
  2. Cari ke fanpage yang target pasarnya sama dengan target pasar Afrakids
  3. Cari di fanpage jualan kita

Cari friend dari fanpage Afrakids Pusat

Caranya: Buka fanpage Afrakids pusat > cari konten yang comment dan sharenya hampir ratusan bahkan ribuan > Masuk ke account orang-orang yang share dan comment tersebut > add orang tersebut menjadi teman kita.

Cari ke fanpage yang target pasarnya sama dengan target pasar Afrakids

Caranya: Cari fanpage yang target pasarnya sama > seperti ayah Edy, Kiki barkiah, Keke, dll >  Masuk ke fanpagenya > cari konten yang comment dan sharenya hampir ratusan bahkan ribuan > Masuk ke account orang-orang yang share dan comment tersebut > add orang tersebut menjadi teman kita.

Cari di fanpage jualan kita

Langkah ini bisa dilakukan jika kita pernah beriklan di fanpage kita. Ketika beriklan biasanya banyak orang yang like dan komen di status tersebut. Karena iklan bisa ditembak langsung kepada target jualan kita meski kita tidak berteman atau dia tidak menjadi likes fanpage kita. Orang-orang like atau comment bahkan share status kita, itu berarti dia memang tertarik dengan produk kita. Jadi sungguh tepat jika kita menjadikan dia sebagai teman, agar dia bisa melihat status jualan kita setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *