pr1
Marketing Online

Materi FB Personal 1 (Yuk Bangun Personal Branding di Account Facebook Pribadi Kita)

Yuk Bangun Personal Branding di Account Facebook Pribadi Kita

Apa itu facebook personal?

Facebook personal adalah account facebook pribadi yang biasa kita gunakan untuk update status kita sehari-hari. Dalam dunia online marketing, kita bisa memanfaatkan account facebook personal kita untuk membangun personal branding yang akhirnya dapat meningkatkan penjualan kita.

Apa itu personal branding?

Personal brand adalah sebuah gambaran mengenai apa yang masyarakat pikirkan tentang seseorang. Hal tersebut mencerminkan nilai-nilai, kepribadian, keahlian, dan kualitas yang membuat seseorang berbeda dengan yang lainnya.

Apa pentingnya mengelola facebook personal?

  1. Membangun personal branding;
  2. Menyampaikan value kebaikan kepada ratusan friend list yang kita miliki di facebook;
  3. Mengenalkan bisnis kita kepada teman atau kerabat terdekat;
  4. Mamanfaatkan ratusan friend list yang kita punya untuk berjualan;
  5. Bisa menyampaikan value kebaikan dengan gaya bahasa kita sendiri.

 Hal-hal yang bisa kita lakukan dengan Facebook personal

  1. Pentingnya One Day One Post di Fb Personal
    1. Memperluas jaringan pertemanan;
    2. Meningkatkan awareness orang-orang di dunia maya;
    3. Untuk jangka panjangnya kita dapat menaikan “ketenaran” di facebook karena jangkauan pertemanan yang semakin luas.
  2. Share post yang ada di fanpage jualan kita ke timeline facebook personal kita
    • Fungsinya adalah untuk mempromosikan produk serta fanpage jualan kita kepada friend list di facebook personal. Yang bisa jadi, mereka belum mengetahui bahwa kita memiliki sebuah bisnis.
  3. Fast respond dan jadilah seseorang yang menyenangkan ketika membalas comment yang masuk ke facebook kita.
    • Hal ini dilakukan agar kita dapat membangun kedekatan dan memperluas jaringan pertemanan kita di facebook.
  4. Like dan comment postingan orang lain
    • Terkadang, SKSD (Sok Kenal Sok Dekat) akan membuat orang lain menyadari keberadaan kita dan peduli terhadap kita. Sehingga ia akan melakukan hal yang sama terhadap account facebook kita. Ketika kita like dan comment posting-an seseorang, orang tersebut secara sadar juga akan melakukan hal yang sama terhadap status kita. Dan akhirnya akan meningkatkan Edge rank status tersebut.
  5. Join di grup facebook yang sesuai dengan target pembeli Afrakids seperti: Reseller, jual beli, komunitas muslim, menengah ke atas. Materi tentang cara menarget grup-grup tersebut akan kami sampaikan pada materi berikutnya yaitu Materi Facebook 2. Selamat menunggu 🙂
  6. Add friend sesuai target, misal 5-15 orang per hari. Cara menarget bisa dipelajari nanti setelah Materi Facebook 2. Selamat menunggu lagi 😀
  7. Post konten-konten hard selling dan soft selling terkait Afrakids secara bergantian setiap harinya di grup-grup yang telah kita target itu. Konten-kontennya bisa dilihat di link-link berikut ini: Hard Selling (afra.id/hardsellingfb) dan Soft Selling (http://afra.id/artikelfp).

Selain hal-hal di atas, ada 8 Tips Praktis Copywriting di Facebook:

Untuk menulis status, kita perlu memahami teknik copywriting juga. Karena status yang baik adalah status yang kita tulis sendiri dan mencerminkan diri kita. Berikut ada 8 tips yang bisa kita praktikan:

  1. Miliki karakter tulisan sendiri. Jadilah diri sendiri ketika menulis status di facebook personal. Setiap orang memiliki karakter tulisan yang bisa menggambarkan dirinya, tergantung pada bagaimana kenyamanan kita. Bangun image yang baik dengan posting hal-hal yang baik dan bermanfaat untuk orang lain. Sebab sebagai pembaca, secara natural kita pasti lebih senang membaca status yang inspiratif dari pada yang bersifat negatif seperti keluhan, umpatan, dll.
  2. Pelajari Teknik Story Telling. Karena, dibandingkan tulisan yang isinya to the point ke produk yang kita jual, kebanyakan orang lebih suka membaca tulisan dalam bentuk cerita positif. Oleh karena itu nyalakan semua panca indra kita untuk menangkap hal positif dalam hidup kita dan bisa kita kaitkan dengan produk penjualan kita. Ini yang dinamakan soft selling.
  3. Jadilah bermanfaat. Karena orang suka sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya. Maka, tulislah status yang penting untuk orang lain ketahui. Kalaupun mau tulis status yang tidak penting, tulislah status yang membuat orang lain tertawa. Maka kamu tetap menjadi orang yang bermanfaat karena dapat membuat orang lain bahagia. Jangan tulis status alay atau keluhan yang memberikan hal negatif di benak orang lain.
  4. Gunakanlah Foto atau Gambar. Kebanyakan orang di facebook lebih menyukai gambar dari pada kata-kata. Namun tetap gunakan kata-kata sebagai caption dan call to action. Sebab meski ada gambar, tetap saja kata-katalah yang dapat menggerakan mereka untuk action.
  5. Perhatikan Waktu Update Status. Dunia facebook memiki primetime untuk mem-posting sesuatu. Berikut waktu yang tepat untuk update status: jam 06.00 – 07.00, jam 12.00 – 13.00 dan jam 19.00 keatas. Sebab pada jam itu adalah jam-jam di mana orang lebih banyak bersantai untuk melihat gadget-nya.
  6. Lakukan interaksi dua arah. Apa artinya status yang kita tulis jika itu hanya informasi satu arah. Karena salah satu tujuan dari bersosial media adalah menjalin interaksi dengan teman atau sodara kita. Jadi, agar dapat berjualan di sosial media, kita juga harus bisa menjalin interaksi dengan orang lain di sosial media kita.
  7. Jangan Lupakan Call To Action. Kita bisa ajak mereka melakukan sesuatu dengan meminta mereka untuk Like, Comment, atau Share status kita. Misalkan LIKE Status Ini, COMMENT “MAU”, Silahkan SHARE Status Ini, dll.
  8. Gunakan N.B dalam Copywriting Facebook untuk Penguat Status Kita.
    • Contoh: N.B. Semua yang saya sampaikan tidak akan berhasil jika tidak di praktikan atau N.B. Hanya orang tua yang keren yang mau membelikan baju berisi nilai kebaikan bagi anaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *